Mengenal Google Android




Pengantar
Android adalah Linux ponsel berbasis sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Android adalah unik karena Google secara aktif mengembangkan platform tetapi memberikan secara gratis untuk produsen hardware dan operator telepon orang yang ingin menggunakan Android pada perangkat mereka.





Lebih dari sekedar telepon
Sebuah versi modifikasi dari Android yang digunakan dalam Google TV, Barnes & Noble Nook eReader, Samsung Galaxy Tab, dan perangkat lain yang tak terhitung. Burung beo membuat kedua bingkai foto digital dan stereo sistem mobil didukung oleh versi modifikasi dari Android.


Open Handset Alliance
Google membentuk kelompok hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang disebut Open Handset Alliance dengan tujuan memberikan kontribusi bagi pengembangan Android. Kebanyakan anggota juga memiliki tujuan untuk membuat uang dari Android, baik dengan menjual ponsel, layanan telepon, atau aplikasi mobile.



Android Market
(Beberapa perangkat yang tidak didukungan Android Market dapat menggunakan market alternatif)
Siapapun dapat men-download SDK (software development kit) dan menulis aplikasi untuk ponsel Android. Google bukanlah pengembang layar atau aplikasi (kecuali aplikasi resmi Google). Hampir semua aplikasi ini dapat didownload dari Android Market. Jika aplikasi yang anda inginkan berbayar, Anda dapat membayar untuk itu dengan menggunakan Google Checkout. Beberapa operator seluler juga memiliki kesepakatan untuk memungkinkan pelanggan telepon mereka untuk membeli beberapa aplikasi dan menambahkan biaya tersebut ke tagihan telepon bulanan mereka.




Penyedia Layanan
IPhone telah sangat populer untuk AT&T, tapi kecuali Anda membatalkan garansi Anda untuk membukanya (jailbreak), Anda hanya dapat menggunakan iPhone dengan opertator selular tersebut.
Android adalah platform terbuka, sehingga banyak operator berpotensi dapat menawarkan ponsel Android dengan spesifikasi tinggi. Itu tidak berarti operator tertentu tidak akan mengunci telepon yang mereka jual untuk layanan mereka, tapi setiap operator besar di Amerika Serikat pasti menawarkan ponsel Android. Android adalah platform ponsel saat ini yang paling cepat berkembang di dunia.



Data Rencana
Untuk menggunakan Android pada ponsel, Anda memerlukan paket data di luar pulsa reguler. Pada beberapa heandset bahkan tidak bisa mengaktifkan ponsel Android tanpa mengaktifkan paket  data. Beberapa jaringan di AS menawarkan layanan berjenjang data, dan beberapa menawarkan unlimited.


Layanan Google
Karena Google mengembangkan Android, ia datang dengan banyak layanan Google diinstal langsung dari kotak. Gmail, Google Calendar, Google Maps, dan Google pencarian Web semua pra-instal, dan Google juga merupakan web page default untuk browser Web. Namun, karena Android dapat dimodifikasi, operator dapat memilih untuk mengubah ini. Verizon Wireless, misalnya, telah mengubah beberapa ponsel Android untuk menggunakan Bing sebagai mesin pencari default.



Touchscreen
Android mendukung layar sentuh dan sulit untuk digunakan tanpanya. Anda dapat menggunakan trackball untuk navigasi, tapi hampir semuanya dilakukan melalui sentuhan. Android juga mendukung multi-touch gestures seperti pinch-to-zoom-in versi 2.1 (Eclair) dan versi pengembangannya sudah mendukung hinngga 5 multi touch.

Keyboard
Rilis awal Android diperlukan keyboard terpisah. Namun, "Cupcake" (Android 1.5) dan versi selanjutnya sudah mendukung keyboard on-screen. Itu berarti Anda dapat menggunakan model seperti Droid Verizon 2 yang mencakup keyboard slide-out fisik atau EVO HTC yang mengandalkan sepenuhnya pada layar sentuh.


The Bottom Line
Android adalah platform yang menarik bagi konsumen dan pengembang. Ini adalah kebalikan filosofis dari iPhone dalam banyak hal. Dimana iPhone mencoba untuk menciptakan pengalaman pengguna yang terbaik dengan membatasi hardware dan software standar, Android mencoba untuk memastikan hal itu dengan membuka sebanyak-banyaknya dari sistem operasi yang dimungkinkan.
Ada baik dan buruk dari hal tersebut. Versi terfragmentasi Android dapat memberikan pengalaman pengguna yang unik, tetapi mereka juga berarti pengguna lebih sedikit per variasi. Itu berarti lebih sulit untuk mendukung untuk pengembang aplikasi, pembuat aksesori, dan penulis teknologi (programmer). Karena setiap upgrade Android harus dimodifikasi untuk hardware dan upgrade antarmuka pengguna masing-masing perangkat, yang juga berarti waktu lebih lama untuk ponsel Android dimodifikasi untuk menerima pembaruan. Fragmentasi, selain permasalahan, Android adalah platform yang kuat yang menawarkan beberapa ponsel tercepat dan paling menakjubkan dan tablet di pasar yang tentunya denga harga yang sangat terjangkau.




Sebuah penelitian dari 30.000 pelanggan seluler AS telah ditemukan Samsung menjadi produsen ponsel teratas keseluruhan dengan 25,3 persen pangsa pasar. Google Android memperkuat memimpin di pasar smartphone mencapai 47,3 persen pangsa pasar.


Top Mobile OEMs (Published on: 

Share (%) of Mobile Subscribers
Sep-11Dec-11Point Change
Samsung25.3%25.3%0.0
LG20.6%20.0%-0.6
Motorola13.8%13.3%-0.5
Apple10.2%12.4%2.2
RIM7.1%6.7%-0.4

Top Smartphone Platforms (Published on: 

Share (%) of Smartphone Subscribers
Sep-11Dec-11Point Change
Google44.8%47.3%2.5
Apple27.4%29.6%2.2
RIM18.9%16.0%-2.9
Microsoft5.6%4.7%-0.9
Symbian1.8%1.4%-0.4



Dikutip dari berbagai sumber.


Tidak ada komentar: