Makna lagu Somewhere I Belong (Linkin Park)


"Somewhere I Belong" adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh band rock Amerika, Linkin Park. Lagu ini dirilis sebagai single pertama dari album kedua mereka - Meteora - dan berhasil menembus sepuluh besar chart tangga lagu pada saat diperkenalkan. Pada bulan Januari 2011, lagu ini dirilis ke dalam Linkin Park Downloadable content (DLC) pack untuk music video game Rock Band 3.

Lagu ini secara resmi dirilis ke radio AS pada tanggal 18 Maret 2003 dan masuk pada posisi tiga puluh teratas pada Hot 100 Airplay. Minggu berikutnya, lagu ini bertahan di Hot 100 chart resmi AS. Lagu ini masuk dalam tiga puluh dua besar di minggu kelima belas dan bertahan di chart sampai minggu kedua puluh. Lagu ini masuk dalam sepuluh besar pada sebagian besar tangga lagu Billboard yang muncul. Sementara itu, lagu ini terbukti menjadi sangat populer di radio modern rock, mencapai nomor satu di chart Mainstream Rock Tracks dan di chart Modern Rock Tracks juga. Lagu ini terdaftar pada nomor 24 di chart lagu alternatif dekade akhir. Di Kanada, lagu ini secara resmi dirilis ke radio pada Maret 2003 dan mencapai lima besar pada Singles Chart Kanada dan naik hinga mencapai posisi ketiga. Lagu ini adalah salah satu lagu Linkin Park dengan chart tertinggi di Kanada.


Di Australia, Eropa dan Selandia Baru, lagu ini dirilis pada Mei 2003. Lagu ini mencapai posisi ke sepuluh di UK Singles Chart. Selain itu, lagu ini mencapai nomor satu di Selandia Baru dan sepuluh besar di Irlandia, Jepang dan Kanada, dan masuk sebagai dua puluh moderat terbaik di Jerman, Italia, Austria, Belanda, Swedia dan Australia. Lagu ini juga mencapai posisi tiga puluh teratas di Perancis dan Belgia pada awal 2003. Lagu ini juga ditampilkan dalam video profil untuk sprinter Jamaika Usain Bolt di Olimpiade 2008 Beijing. Selain itu, anak dari komentator konservatif Mark Levin memilih instrumen lagu ini sebagai bumper musik untuk talk show radio ayahnya.


Video klip pada lagu ini disutradarai oleh turntablist band, Joseph Hahn. Menyajikan band Linkin Park memainkan lagu di depan api, dengan tembakan Chester Bennington sesekali dan Mike Shinoda di depan air terjun dengan apa yang tampak sebagai biarawati di sekitar mereka. Pintu yang ada dalam video clip diduga adalah kamar Bennington yang memiliki karakter Cina untuk api dan air. Air terjun dan api yang membakar di belakang Shinoda memberikan alasan yang jelas penggambaran karakternya.


Selama video berlangsung, banyak disorot sebuah lemari dengan berbagai alat peraga, terutama tokoh-tokoh Sazabi dari Mobile Suit Gundam: Counterattack Char, Wing Zero Custom dari Gundam Wing: Waltz Endless, dan RX-78GP01-Fb Gundam Full Vernian "Zephyranthes" dari Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory. Ssaat mereka menyanyikan chorus akhir, tempat tidur terbakar api dan membentuk tentara Hybrid Theory. Mendekati akhir dari video, muncul makhluk berkaki panjang, makhluk aneh yang sebelumnya berada di belakang lukisan Chester dan mereka melewati tempat tidur secara berbaris. Bahkan pada satu titik, lukisan makhluk itu tampaknya bergerak sebelum pada akhirnya berhenti lagi. Video ini mendapat penghargaan sebagai Best Rock Video pada tahun 2003 MTV Video Music Awards, dan video siaran musik pertama di TV Fuse. James Montgomery dari MTV menamai video ini sebagai video Linkin Park terbaik kelima.


TERJEMAHAN BEBAS 

When this began
Saat semua ini dimulai 
I had nothing to say and I'd get lost in the nothingness inside of me
Tidak ada yang ingin aku katakan dan aku telah tersesat dalam kehampaan hatiku
(I was confused)
(Aku bingung)
And I let it all out to find that I'm not the only person with these things in mind
Dan kubiarkan saja semua tetap terjadi untuk menemukan bahwa aku bukanlah satu-satunya orang yang memikirkan hal itu
(Inside of me)
(Di dalam hatiku)
But all the vacancy the words revealed is the only real thing that I've got left to feel
Tapi semua kehampaan yang terungkap itu adalah satu-satunya hal nyata yang masih bisa kurasakan
(Nothing to lose)
(Tak ada ruginya)
Just stuck, hollow and alone. And the fault is my own, and the fault is my own
Tersangkut, hampa dan sendiri. Dan ini kesalahanku sendiri, dan ini kesalahanku sendiri

CHORUS
I want to heal, I want to feel what I thought was never real
Aku ingin sembuh, aku ingin merasakan apa yang selama ini kupikir tidaklah nyata
I want to let go of the pain I've held so long
Ingin kulepaskan rasa sakit yang telah lama kurasakan

(Erase all the pain till it's gone)
(Hapus semua luka hingga hilang)
I want to heal, I want to feel like I'm close to something real
Aku ingin sembuh, aku ingin merasakan seakan-akan apa yang kuingkinkan adalah kenyataan yang terjadi
I want to find something I've wanted all along, Somewhere I belong

Ingin kutemukan sesuatu yang telah lama kuinginkan, tempat dimana seharusnya aku berada

And I've got nothing to say, I can't believe I didn't fall right down on my face
Dan tak ada yang ingin kukatakan, tak bisa kupercaya bahkan aku tidak terjerembab sama sekali
(I was confused)
(Aku bingung)
Looking everywhere only to find that it's not the way I had imagined it all in my mind
Melihat ke segala penjuru hanya temukan bahwa semuanya tak seperti yang selama ini kubayangkan
(So what am I?)
(Lalu, apa yang kubayangkan?)
What do I have but negativity ‘cause I can't justify the way everyone is looking at me
Tidak ada yang kupikirkan selain pikiran negatif karena tak bisa kuterima tatapan semua orang padaku
(Nothing to lose)
(Tak ada ruginya)
Nothing to gain, hollow and alone. And the fault is my own, and the fault is my own
Tak ada untungnya, hampa dan sendiri. Dan ini kesalahanku sendiri, dan ini kesalahanku sendiri

CHORUS

I will never know Myself until I do this on my own
Aku takkan mengerti siapa diriku sampai kulakukan apa yang harus dilakukan

And I will never feel anything else until my wounds are healed
Dan aku takkan pernah merasakanan hal lain sampai lukaku sembuh
I will never be anything 'til I break away from me
Aku takkan jadi apapun sampai aku bisa terbebas dari perasaan ini 
And I will break away, I'll find myself today
Aku akan bebas, akan kutemukan diriku sendiri hari ini

CHORUS

(2x)
I want to heal, I want to feel like I’m somewhere I belong

Aku ingin sembuh, aku ingin merasakan tempat dimana seharusnya aku berada


MAKNA LAGU VERSI SAYA 

Singkatnya sih, lagu ini menggambarkan penyesalan seseorang yang timbul akibat pengambilan sebuah keputusan. Sesaat ketika keputusan diambil, dia sudah merasakan bahwa keputusan yang diambilnya adalah sebuah kesalahan fatal. Karena tidak tahu lagi apa yang mesti dilakukan, akhirnya dia biarkan kesalahan itu semakin menjadi. Pada suatu ketika, saat dia merasa tidak kuat lagi, akhirnya dia memutuskan untuk mencoba membayangkan sebuah kondisi yang sama sekali berbeda. Apa yang terjadi ternyata, apa yang dibayangkannya itu adalah jawaban atas apa yang selama ini dia cari. Ternyata apa yang selama ini dijalani hanya sebuah kebodohan dan kesia-siaan belaka. Tapi apalah daya, dia tak bisa berbuat apa-apa karena semua yang terjadi adalah karena kesalahannya sendiri.

Pada akhirnya, muncul sebuah keinginan untuk mengakhiri kesalahan itu. Setelah ditelusuri lagi, ternyata apa yang selama ini dibayangkannya - jawaban kehampaan hidupnya - bukan hanya sebuah angan-angan karena hal itu bisa saja diwujudkan. Dengan perasaan gundah, akhirnya dia sesali keputusannya di masa lalu karena hanya menimbulkan rasa sakit hati saja. Semua hal terkait keputusan di masa lalu ingin dilupakan dan dilepaskannya begitu saja. Bahkan yang dia inginkannya adalah jawaban itu adalah apa yang saat ini sedang terjadi. Akhirnya dia menyadari bahwa sesuatu yang telah lama diinginkannya adalah apa yang selama ini ingin ditemukannya. Tempat dimana dia seharusnya berada, bukan tempat dimana dia berada saat ini.

Kondisi seperti itu, yang berlarut-larut menimbulkan akibat yang luar biasa bagi dirinya. Bahkan tidak sedikitpun terbersit keinginan untuk berbagi penderitaannya pada orang lain, bahkan hanya untuk sekedar bicara. Alhasil, dia merasa semakin bingung karena semua yang ada disekitarnya bukan seperti apa yang diinginkannya. Lalu dia bertanya pada dirinya sendiri, apa yang dibayangkannya. Jawabannya adalah semua pikiran negatif terhadap semua orang karena semua memberikan tatapan aneh kepada dirinya akibat sikap dan perilakunya yang tidak sesuai dengan harapan semua orang bahkan tidak bisa diterima masyarakat.
Tapi semua itu diacuhkannya begitu saja. Dia beranggapan akan sama saja jika sikap dan perilakunya disesuaikan dengan keinginan masyarakat ataupun tidak. Hasil akhirnya akan sama saja, kehampaan dan kesendirian meskipun dalam hiruk pikuk masyarakat sekalipun. Tapi apalah daya, dia tak bisa berbuat apa-apa karena semua yang terjadi adalah karena kesalahannya sendiri.

Akhirnya, dia menyadari bahwa dia takkan mengerti tentang siapa dirinya sampai dia merubah keadaan saat ini dan melakukan apa yang harus dilakukan. Bahkan dia tidak akan pernah merasakan hal lain sampai dirinya merubah keputusannya yang dulu. Dia pun merasa bahwa dia tidak akan meraih kebahagiaan apapun sampai ia bisa terbebas dari perasaannya saat ini. Dia merasa seperti terbebas, akan dia temukan dirinya sendiri hari ini. Dia ingin memperbaiki keadaannya saat ini, ingin merasakan tempat dimana seharusnya dirinya berada.



Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: