Amankan Profil Facebook Pasca Timeline Diberlakukan!


Facebook adalah social media yang masih mendominasi di dunia maya. Jikapun kenyataannya banyak social media yang selalu bermunculan tetapi Facebook tetap berada pada urutan teratas. Seperti Google+ yang diluncurkan pada tahun 2010 tidak langsung menggaet peminat Facebook secara keseluruhan, namun kenyataannya memang banyak juga yang migrasi ke Google+, memang jika kita pikirkan waktu peluncuran Google+ pasti banyak yang migrasi ke sana  namun nyatanya tidak, Facebok tetap menjadi pilihan dihati para Facebookers sejati, dan tetap masih mendominasi social media.
Tetapi kehebatan Facebook kini mulai turun, banyak yang berargumen ingin meniggalkan Facebook alasannya akibat Facebook Timeline. Mereka mengatkan bahwa Fitur Timeline Facebook sangat mengganggu dimana memang pada memang Facebook tidak hanya menampilkan postingan dan status terbaru, tetapi juga seluruh sejarah penggunaan akun Facebook si pengguna dan juga postingan foto, video dan aktivitas Pengguna dari tahun ke tahun akan muncul dalam satu layar.
Keputusan Facebook yang meluncurkan Timeline keseluruh dunia  pada 31 Januari 2012, Facebook mengumumkan bahwa akan memberlakukan perubahan secara global (wajib) tehadap tampilan Facebook timelinenya. Namun memang seperti kita ketahui, Facebook mulai merilis notifikasi bahwa fitur tersebut segera diberlakukan. Para pengguna Facebook diberi waktu tujuh hari untuk “melakukan ‘bersih-bersih’, dimana memilah apa saja yang tidak dan ingin ditampilkan pada halaman profil mereka.Tetapi, kenyataannya bahwa pengguan Facebook banyak yang tidak melakukan hal itu(mengabaikan bersih-bersih di Facebook).
Kehadiran Fitur Timeline Facebook keseluruh dunia secara jelas memang bahwa tidak semua pengguna menyukainya, Lihat saja servey yang keluar baru-baru ini, Dimana 70% pengguna Facebook tidak suka dengan Timeline. Dalam sebuah jajak pendapat menyebutkan, kebanyakan Facebookers justru membenci ketimbang menyukai Timeline ini. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung mencapai separuh lebih, Survei yang dilakukan oleh situs SodeHea (Dikutip dari: Okezone.com.)
Fitur Timeline yang hadir secara global akan membuat keamanan dan privasi makin kendor. Tata letak barunya yang menyajikan semua aktivitas Anda saat ini dan saat pertama Anda menggunakan  Facebook - seperti tulisan, foto, komentar, suka atau “Like” dan sebagainya - dalam format timeline berguna untuk siapapun mempunyai hak dengan akses ke profil Anda, yang mungkin termasuk teman dari teman, kolega, eksekutif di perusahaan Anda, atasan, kepala sekolahmu, ibumu, kakek mu dan juga “selingkuhanmu” juga Musuhmu.
Kenyataannya memang saat ini belum seluruhnya menggunakan Timeline ini, namun nantinya dalam beberapa waktu kedepan akan di aktifkan tanpa sepengetahuanmu(tanpa ada persetujuan dari anda). Jika Anda telah melakukan hubungan(mengaktifkannnya) dengan Fitur Timeline - dan jika Anda belum juga menggunakannya segera bersih bersih, karena Perusahaan itu akan mengaktifkannya, suka atau tidak itu resiko anda!
Kekawatiran akan Timeline memang begitu besar, karena orang lain akan melihat aktivitas anda di Facebook saat pertama menggunakannya. Tetapi Anda harus tahu bahwa Facebook telah mengubah beberapa hal, dan ada pengaturan tertentu yang perlu kita perhatikan jika memang Anda khawatir tentang itu. Berikut adalah cara untuk mengunci profil Anda  pasca diberlakukannya Fitur Timeline Facebook.
1. Batasi Koneksi Anda
Pengaturan privasi yang paling utama dapat diakses dengan mengklik pada sudut kanan di atas layar profil Anda (di sebelah nama Anda pada tombol Home). Dari sini, pilih Pengaturan Privasi di menu drop-down(seperti yang ada gambar di samping ini).1328676683866506219
Klik Edit Pengaturan di sebelah Bagaimana cara anda terhubung dan segera lakukan pilihan untuk memulai lockdown profil Anda. Bagian ini nantinya akan berisi lima pengaturan privasi.
Hal pertama mengatur pengaturan siapa yang dapat melihat profil Anda dan melihat informasi kontak Anda, siapa teman Anda dan yang dapat mengirimkan pesan untuk anda?. Untuk privasi maksimal, sehingga mencegah orang lain yang akan  melihat profil Anda atau mengirim pesan kepada Anda.
Pengaturan yang lain (kedua) yang dapat mengirimkan permintaan teman. Pilihan yang lebih aman yaitu Teman dari Teman, tetapi ini memang membatasi konektivitas Anda pada jaringan sosial terbesar di dunia ini. Jika Anda khawatir tentang kehilangan untuk kesempatan melakukan pencarian persahabatan yang baru ,itu terserah anda!
Pengaturan yang  terakhir adalah pengaturan untuk melakukan dikte(medikte)siapa saja yang dapat memposting pada Wall timeline Anda dan siapa saja yang dapat meliohat postingan itu. Unutk itu pilihan yang laing aman adalah “Hanya Saya” , tetapi memilih itu sangat mengurangi jumlah interaksi anda di Facebook . Jika Anda serius mempertimbangkan membatasi posting tersebut, mungkin sudah saatnya untuk migrasi ke Google+(he..he..he..he..he…eh)

2. Perkecil atau batasi tag Foto, tulisan, video Anda.
132867844562333612


Tinjauan Kronologi: Tinjauan Kronologi mengendalikan apakah Anda harus secara manual menyetujui kiriman yang menandai Anda sebelum kiriman itu muncul di kronologi Anda. Saat ada kiriman yang perlu ditinjau, tab Perlu Ditinjau akan muncul di kronologi Anda. Namun memang Facebook mengatakan dalam catatan: Anda masih dapat ditandai, dan tanda dapat muncul di tempat lain di Facebook.
Tinjauan Tanda: Bila Anda mengaktifkan tag terlalu banyak pada teman , Anda dapat memeriksa tulisan dan foto  teman-teman anda , begitu juga dengan teman anda dengan mudah memeriksa Tulisan ,Foto, Video anda dan bahkan kemungkinan teman yang berbagi tag dengan anda atau anda yang berbagi tag Tulisan dengan temanmu akan bisa mengedit atau menambah posting Anda sendiri .Padahal anda sudah capek-capek menulis dan menTag terhadap teman mu namun mereka mengeditnya. Tentu ini membuat rugi anda bukan>?
Pengaturan yang lain adalah tentang Vasibilitas Kronologi Maksimal: MaksimumkanVisibilitas Timeline,artinya harus di set secara teliti apakah ke Teman atau yang disesuaikan untuk daftar teman tertentu atau jaringan tertentu  untuk memastikan bahwa posting ini ditandai, setelah disetujui, maka  tidak dilihat oleh semua orang.
Saran Tanda: Disini nonaktifkan pengaturan pada daftar Saran Tag, ini akan membuat akan lebih sulit bagi teman-teman untuk menandai jumlah Foto terhadapa anda.
Pengaturan terakhir dalam daftar diatas adalah sangat penting: Ini menentukan apakah anda menginginkan bahwa teman anda tahu keberadaan anda saat melakukan aktivitas di Facebook? Sarang paling bagus adalah Mematikannya. Karena, daripada terus-menerus menyiarkan lokasi Anda dan orang lain melihatnya tanpa Izin.

3. Mengendalikan atas izin Aplikasi
Berbicara tentang hak akses, jendela izin yang dulu sering muncul ketika Facebook aplikasi ingin mengakses informasi profil Anda cukup banyak saat ini bermunculan. Dan saat ini, aplikasi perlu meminta Anda hanya sekali untuk izin. Begitu mereka masuk ke Profil anda dengan Izin anda, maka mereka akan menggali informasi dari profil Anda jika memang mereka memerlukannya, lihat saja kadang-kadang ada ucapan selamat ulang Tahun ke Profilmu padalah aplikasi tersebut memang sedang tidak digunakan, memang betul bahwa App itu secara otomatis mengirim ke Profilmu karena mereka yang dulu sudah menggali Informasi anda. Untuk mencegah hal itu terjadi, silahakan lihat pedoman dibawah ini:
Dalam Pengaturan Privasi utama, klik pada Edit Pengaturan di sebelah pada Apps dan Website lalau masuk untuk membuka Apps, Games dan Website pada  halaman pengaturan privasi. Di samping itu nantinya ada “Apps yang  Anda gunakan,” klik Edit Pengaturan lagi untuk mengakses daftar lengkap aplikasi yang berjalan pada profil Anda. Setiap aplikasi ini disertai dengan tombol Edit, yang menampilkan hak akses app saat diklik. Unutuk melakuka ini perlu waktu agak lama, jika memang profil anda banyak hak akses app karena Aplikasi ini masing-masing memiliki hak akses yang berbeda , sehingga Anda harus memeriksa satu per satu.
Tetapi ada hal kabar buruk disini, untuk melakukan ini memang seperti yang saya bilang tadi harus ada ketelitian dimana memang bahwa Beberapa hak akses, seperti berbagi informasi profil dasar dengan aplikasi, tidak dapat diubah . Lihat saja  ditandai dengan kata berwarna abu-abu- “Diperlukan” dan memang ini kita tidak bisa Edit.
Pengaturan lain adalah dengan melakukan  “Hapus” yang terdapa di samping Apps tersebut, klik saja dan Hapus jika memang anda tidak lagi memerlukan Aps itu. Untuk pengaturan yang lain, jika anda masih tetap menggunakan App itu, Anda harus  mengontrol siapa yang melihat informasi tentan aplikasi yang anda Pakai aplikasi - banyak Apps itu  dirancang untuk menyiarkan aktivitas Anda pada timeline dan dalam “ticker” di sisi kanan halaman user. Untuk mencegah hal itu terjadi terdapat pada bagian bawah halaman hak akses setiap aplikasi yang  berjudul “App privasi aktivitas.”Klik pada menu drop-down dan pilih Hanya Saya untuk memastikan aktivitas aplikasi Anda tidak terlihat oleh orang lain. Demikian pula, jika Anda menginstal aplikasi baru, pastikan untuk memilih Hanya Saya pada bagian bawah.

4. Mencegah orang lain mengambil informasi Anda.
Apps, Games dan pengaturan privasi Website juga berisi beberapa fitur lain yang  melakukan keamanan akan lebih bijaksana untuk menonaktifkan berikut caranya:
Klik Edit Pengaturan di samping entri berlabel “Bagaimana orang membawa info Anda ke aplikasi yang mereka gunakan.“ Pengguna lain mungkin dapat membawa informasi pribadi Anda  ketika mereka menggunakan aplikasi.Caranya  Hapus centang kotak di sebelah setiap kategori informasi yang tercantum  untuk mencegah orang lain menggunakan data pribadi Anda.
Kembali ke Permainan Apps dan pengaturan Website privasi dan klik Edit Pengaturan untuk kategori “Instan personalisasi”. Ini harus dimatikan secara default, tetapi periksa untuk memastikan. Pertama-tama Anda akan melihat layar pop-up menjelaskan fitur tersebut, ketika Anda menutup itu, Anda akan dapat melihat apakah itu diaktifkan. Jika ya, Nonaktifkanlah segera. Ini akan mencegah situs mitra Facebook untuk mengakses informasi anda dan mempublikasikannnya ke publik dan mempersonalisasi pengalaman Anda pada website mereka sendiri.

5. Mengurangi jejak sosial Anda
Berbagi adalah inti dari Facebook, tapi tata letak Timeline terkadang mengambil ini secara ekstrem, sehingga mudah bagi orang lain untuk melihat semua aktivitas Anda dari tahun-tahun berlalu. Kabar baiknya adalah bahwa Anda dapat menonaktifkan update Aktifitas lalu, yang disiarkan persahabatan baru, kelompok Anda bergabung dan perubahan lain dalam informasi dasar Anda (seperti status hubungan ). Cukup klik pada tanda X di sebelah update Aktifitas lalu di timeline dan pilih Sembunyikan Kegiatan serupa dari Timeline. Hal ini membuat proses menyembunyikan aktivitas tertentu dari masa lalu Anda sedikit lebih mudah.
Dari semua tips-tips diatas kembali ke diri sendiri anda, jika memang anda setuju dengan mengurangi Tag Photo terhadap teman mu dan tidak lagi secara akltif berinteraksi dengan teman lain di Facebook, itu terseraha anda!Sekarang kembali ke pemikiran Anda!
Selamat Siang…!!! Semoga Bermanfaat..!

Tidak ada komentar: